KAMPUNG COKLAT BLITAR

Tak hanya wisata pantainya yang cantik seperti pantai pangi atau wisata bukit teletubbies blitar, ternyata Kota Blitar juga memiliki wisata keluarga dan sekaligus menjadi salah satu eduwisata di Blitar. Adalah Kampung Coklat Blitar sebuah kampung atau desa wisata penghasil coklat dan aneka olahan yang berbahan dasar coklat.Tempat wisata Blitar yang satu ini cocok dikunjungi semua kalangan dan usia, disini anda dapat bersantai bersama keluarga sambil belajar dan menikmati aneka makanan dan minuman yang terbuat dari bahan coklat.

Alamat dan Rute Lokasi Kampung Coklat

Lokasi Kampung Coklat Blitar terletak di Kademangan, Kabupaten Blitar Jawa Timur atau tepatnya di Jl. Banteng Blorok 18, Desa Plosorejo. Rute menuju lokasi kalau dari arah Kota Blitar silahkan arahkan kendaraan anda menuju selatan atau ke arah Kecamatan Kademangan, nanti setelah melewati jembatan kademangan terdapat pertigaan dengan petunjuk arah menuju ke kampung coklat, silahkan ikuti petunjuk arah tersebut. Kalau dari pusat kota Blitar ke Kampung Coklat membutuhkan waktu sekitar 20 menitan. Alamat atau rute lebih jelasnya dapat melihat peta lokasi berikut :

 Sejarah Kampung Coklat

Sebelum mengenal lebih jauh tentang kampung coklat, ada baiknya kita mengetahui awal mula atau sejarah adanya wisata edukasi blitar ini. Kampung coklat sendiri bermula pada saat usaha peternakan ayam milik Bpk Kholid Mustafa (Pimpinan Kampung Coklat) mengalami kerugian yang disebabkan oleh wabah flue burung (2004), sejak itu beliau beralih profesi dengan fokus pada budidaya Kakao / Coklat di lahan seluas 750 m2 yang sebelumnya memang sudah ditanami pohon kakao sejak tahun 2000. Untuk memperdalam ilmu tentang budidaya kakao, beliu sempat magang di PTPN XII Blitar dan Puslit Kota Jember lalu membentuk GAPOKTAN (Gabungan Kelompok Tani) Guyub Santoso pada tanggal 01 januari 2005. Gapoktan Guyub Santoso ini yang akhirnya terus berkembang dengan mendirikan beberapa badan usaha seperti UD dan CV hingga mampu memasarkan biji Kakao baik regional, nasional bahkan Internasional. Dari situlah perkembangan Kampung Coklat hingga berhasil memproduksi berbagai aneka olahan coklat dan menjadi Kampung Wisata yang sangat digemari di Blitar.

Harga Tiket Masuk Kampung Coklat

Karena Kampung Coklat ini sudah menjadi kawasan wisata yang dikelola dengan baik, wajar saja kalau pihak pengelola menarik retribusi bagi pengunjungnya. Harga tiket masuk sebesar Rp 5000 /orang. Sebelum sampai di loket untuk membayar tiket masuk, wisatawan akan melewati gudang coklat yang mengeluarkan aroma coklat dengan sangat tajam, anda dapat melihat betapa banyaknya biji coklat yang ada di sana.

Saat sudah berada di dalam Kampung Coklat Blitar, anda akan menjumpai outlet-outlet yang menyediakan berbagai aneka produk dan olahan coklat seperti es coklat, ice cream coklat, mie coklat dan masih banyak lagi yang lainnya. Lalu bagi anda yang tak hanya ingin sekedar ngemil,disana juga sudah tersedia pilihan menu makanan yang lainnya.

Fasilitas Kampung Coklat

Beberapa fasilitas yang ada di kampung coklat Blitar diantaranya :

  • Musholla
  • Tempat Makan / Area Kuliner
  • Kamar Mandi / Toilet
  • Outlet
  • Panggung Hiburan ( Saat Week End )
  • Kolam Ikan untuk Refleksi
  • Wahana bermain ana-anak

Pembibitan Coklat dan Cooking Class

Selain dapat bersantai sambil menikmati hidangan makanan dan minuman yang terbuat dari bahan coklat, wisatawan juga dapat melihat proses pembibitan pohon kakao yang nantinya akan menghasilkan buah coklat, namun aktivitas pembibitan ini tidak setiap hari dilakukan namun ada musimnya, jadi beruntung sekali bila anda berkunjung ke Kampung Coklat Blitar pada saat bertepatan dengan pembibitan pohon kakao.

Tak hanya itu saja, di Kampung Coklat juga terdapat Cooking Class dimana wisatawan dapat belajar untuk mendekorasi atau mengolah coklat sesuai dengan yang anda inginkan. Selesai menikmati aneka oahan coklat dan cooking class, rasanya belum lengkap apabila berkunjung ke sana tanpa menyempatkan diri untuk berfoto ria di “GARAGE” yang ada di sebelah barat Kampung Coklat, disana terdapat mobil dan motor antik yang bisa membuat kita mengenang masa lalu.

Bagi yang membawa putra putri tercinta, di dalam kampung coklat sendiri terdapat wahana permainan anak-anak misalnya seperti kereta kelinci, istana balon dan perahu gayung. Fasilitas yang ada disana sudah sangat lengkap dan cocok sekali untuk wisata keluarga.

Sebagai salah satu tempat penghasil coklat terbesar di Jawa Timur, Kampung Coklat Kediri tak hanya berhasil memproduksi biji coklat berkualitas namun juga berbagai olahan makanan dan minuman yang terbuat dari bahan dasar coklat. Nah berikut produk-produk yang diproduksi kampung coklat blitar :

  • Aplle Chocolate 500Gr
  • Aplle Chocolate Biji Love
  • Bubuk Murni 100Gr dan 500Gr
  • Bubuk Original
  • Crispy Chocolate
  • Dark 67% Chocolate
  • Love Milk Chocolate
  • Milk Chocolate
  • MK Milk Chocolate
  • Orange Chocolate

Sumber : https://www.tipswisata.co/2016/11/kampung-coklat-blitar-harga-tiket-lokasi-rute.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s